Saturday, July 28, 2012

PENSIUN, Shevchenko Jajal Dunia Politik

KIEV, KOMPAS.com - Penyerang Ukraina, Andriy Shevchenko, resmi menyatakan gantung sepatu dari dunia sepak bola. Striker Dynamo Kiev itu ingin melanjutkan kariernya dalam dunia politik.
Niat mundur dari lapangan hijau pernah disampaikan Shevchenko. Waktu itu ia menyatakan akan pensiun seusai Piala Eropa 2012. Di turnamen tersebut, pPemain berusia 35 tahun itu sempat mencetak dua gol, tetapi gagal meloloskan Ukraina dari babak penyisihan Grup D.
"Mungkin hal ini akan mengejutkan siapa saja. Masa depanku tidak ada hubungannya dengan sepak bola karena akan berkaitan dengan politik," kata Shevchenko sebagaimana disebutkan dalam situs resmi klub.
Meski demikian, pemain yang kerap disapa Sheva ini tidak menjelaskan aktivitas politik apa yang akan digelutinya nanti. Mantan pemain AC Milan itu mengatakan, ia akan mengungkapkan secara detail rencananya pada beberapa hari ke depan. "Semua orang akan segera tahu mengenai rencanaku ini," ucapnya.
Karier Sheva mencuat setelah membela AC Milan pada 1999. Tujuh tahun berada di San Siro, ia mencetak 127 gol dari total 208 penampilan bersama "I Rossoneri". Namun, sejak hijrah ke Chelsea pada 2006, kariernya menurun karena sering dibekap cedera. Sempat dipijamkan kembali ke Milan pada 2009, performanya tak kunjung membaik.
Sheva pun memutuskan kembali ke kampung halamannya dan membela Dynamo Kiev pada akhir 2009. Di level internasional, ia tampil sebanyak 111 kali dan menorehkan namanya sebagai pencetak gol terbanyak di timnas dengan 48 gol.

0 comments:

Post a Comment

BISNIS